Yuk Kita Simak Persiapan dan Tips Travelling Aman dengan Bayi

tips traveling bawa bayi

Jalan-jalan atau travelling tentu disukai oleh semua orang karena dengan travelling bisa menjadi kesempatan untuk istirahat dan melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari. Ini membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental kita

Travelling biasanya dilakukan oleh anak muda, karena masih banyak waktu dan kesempatan. Tetapi bukan hanya anak muda yang bisa travelling sama teman-temannya, para orang tua dan bayi juga tetap bisa melakukan travelling. Meskipun travelling bersama bayi memerlukan persiapan dan kesabaran ekstra, manfaatnya bagi mereka membuatnya menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan berharga.

Persiapan Travelling yang Aman Bersama Bayi

Travelling sangatlah bermanfaat mulai dari perkembangan anak, meningkatkan pengetahuan dan juga membantu anak belajar bersosialisasi. Selain itu, travelling bersama bayi dapat menciptakan kesempatan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama sebagai keluarga. Hal ini dapat memperkuat ikatan antara orang tua dan bayi.

Sayangnya, daya tahan tubuh bayi tidak sama dengan kita orang dewasa, perlu persiapan matang agar tidak terjadi yang tidak diinginkan. Persiapan tersebut meliputi pemilihan kendaraan hingga pemilihan destinasi yang akan dikunjungi ya mom. Bukan hanya peralatan saja, tetapi tempat wisata yang akan dikunjungi harus sesuai dengan ketahanan tubuh si bayi agar jalan-jalannya lancar dan menimbulkan kesan positif bagi si bayi.

1. Memilih Tempat Destinasi yang Tepat

Sangat penting untuk memilih destinasi yang tepat untuk menjaga kenyamanan, keamanan, dan kesehatan bayi. Destinasi yang cocok untuk bayi adalah yang tidak terlalu ekstrem contohnya perjalanan menuju lokasi apakah jalannya rusak/tidak, apakah cuaca hujan/terlalu terik, apakah di lokasi ada fasilitas untuk bayi dan lain sebagainya. 

2. Pilihlah Kendaraan yang Tepat

Selanjutnya yang tak kalah penting bagi bayi saat raveling adalah memilih kendaraan yang nyaman dan aman. Karena hal ini menyangkut keamanan bayi selama di perjalanan, juga pastikan si bayi tetap nyaman dan tidak gelisah. Jika menggunakan motor, pastikan bayi tidak kedinginan, tidak terkena angin/hujan/panas dan pastikan pernapasannya nyaman.

3. Membawa Peralatan Bayi sesuai Kebutuhan

Tentunnya kita tidak bisa memakai keperluan bersama dengan bayi ya moms, karena kebutuhannya juga berbeda. Contohnya saja sabun bayi dengan sabun orang dewasa bisa berbeda. Kalau memang tidak bisa bawa sendiri-sendiri, tips dari aku bawa sabun bayi saja jadi kita orang tuanya yang numpang. Jangan lupa perhatikan juga kebutuhan peralatan bayi yang lainnya seperti dot, jaket bayi, popok atau sedikit mainan untuk mencegah kebosanan saat di perjalanan.

4. Membawa Alat Kesehatan

Alat Kesehatan merupakan hal yang wajib dibawa saat travelling, terutama saat traveling bersama bayi yang cukup rentan. Alat kesehatan untuk bayi meliputi, minyak telon, pereda demam, dan lain-lain. Perhatikan baik-baik ya, minyak telon bayi saja berbeda lho dengan minyak telon biasa yang untuk orang dewasa. Jadi memang agak tricky ya kalau bawa baby traveling, tapi kalau dipersiapkan dengan baik insyaallah aman sentosa.

5. Siapkan Tempat Tidur Portable untuk Bayi

Nah, jika menginap di hotel, pertimbangkan untuk membawa tempat tidur bayi yang portabel atau bayi bisa tidur di antara kedua orang tua agar bayi tetap aman. Jika dibutuhkan akan lebih baik untuk membawa selimut tambahan, sesuaikan dengan tempat dan kondisi cuaca.

Traveling Bersama Bayi Sangat Menyenangkan dengan Persiapan yang Matang

Nah, rencanakan dengan baik sebelum mengajak bayi traveling atau jalan-jalan ke luar rumah dan perhatikan tips-tips di atas ya moms. Kalau mau cari informasi destinasi wisata bisa baca tulisan Bu Annie, Travel Blogger yang tulisan dan foto-fotonya bikin pengen liburan. Beliau juga suka berkunjung ke berbagai hotel, jadi kita juga bisa cari info penginapan selama traveling.

Perjalanan bersama bayi bisa menjadi pengalaman emosional yang kuat bagi bayi, karena mereka akan menemukan berbagai perasaan baru, mulai dari kegembiraan hingga kecemasan, dengan hal ini tentunya membuat bayi akan belajar banyak hal dengan travelling. Dengan persiapan yang baik maka diharapkan perjalanan traveling bersama bayi lancar dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama