Ketahui Pengertian, Manfaat, dan Jenis Home Diffuser

jenis jenis diffuser

Penggunaan diffuser di rumah sudah menjadi hal umum di era ini, karena dapat memberi aroma yang nyaman di dalam ruangan kita. Sebelum membeli diffuser, terlebih dahulu ketahui pengertian, manfaat, dan jenis-jenis diffuser agar tidak terjadi kesalahan saat membeli diffuser.

Baca Juga : Berikut Ini Fasilitas Wajib di Gedung Perkantoran

Apa Itu Home Diffuser?

Apa sih home diffuser itu? Home diffuser adalah alat yang dapat menyebarkan wewangian atau aroma ke dalam udara dengan cara mengubah minyak essential menjadi uap beraroma sehingga dapat dihirup dan dinikmati dengan mudah.

Biasanya memang digunakan untuk wewangian saja atau juga dapat memberikan manfaat aromaterapi di dalam ruangan agar menciptakan ruangan yang nyaman. Namun manfaat penggunaan diffuser ini ternyata juga banyak lho. Yuk kita bahas lebih dalam lagi.

Apa Saja Manfaat Penggunaan Diffuser?

Selain untuk wewangian, diffuser memiliki banyak manfaat yang tanpa disadari hal itu berdampak pada tubuh kita, berikut manfaat-manfaat penggunaan diffuser ruangan:

  • Relaksasi dan mengurangi stress : diffuser dapat menciptakan suasana yang lebih nyaman sehingga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan merangsang rasa relaksasi.
  • Pembersihan udara : diffuser juga dapat membantu membersihkan udara dari bakteri, virus, dan partikel-partikel lain yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan.
  • Membantu masalah pernapasan : penggunaan diffuser dengan minyak dengan aroma seperti eucalyptus atau peppermint, memiliki sifat yang dapat membantu membuka saluran pernapasan dan meredakan gejala pilek, flu, atau alergi.
  • Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas : dengan suasana yang lebih nyaman, maka juga dapat meningkatkan konsentrasi seseorang dalam mengerjakan pekerjaan sehingga terjadi peningkatan produktivitas.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bau Ketiak/Bau Badan

Yuk Ketahui Jenis-jenis Diffuser

Manfaat penggunaan diffuser memang banyak, namun perlu diketahui bahwa penggunaan diffuser harus sesuai dengan dosis penuangan minyak dan jenis diffuser agar tidak terjadi kesalahan. Nah, apa saja sih jenis-jenis diffuser? Yuk kita Simak kelanjutannya.

Berikut beberapa jenis diffuser yang perlu diketahui agar kamu dapat membelinya sesuai dengan kebutuhanmu:

1. Reed Diffuser

Jenis diffuser yang menyebarkan aroma ke dalam udara di dalam ruangan dengan alat yang terdiri dari wadah yang berisi minyak aromaterapi atau minyak wangi dan serat rotan (reed sticks) yang menyerap minyak dan menyebarkannya ke udara.

Cara Kerja Reed Diffuser : ujung reed sticks direndam dalam wadah yang berisi minyak aromaterapi. Lalu minyak kemudian meresap dan menyebarkannya ke udara.

Kelebihan Reed Diffuser :  tidak menggunakan daya, mudah digunakan, tahan lama.

2. Lilin Aroma

Lilin aroma adalah home diffuser yang berupa lilin yang telah diberi tambahan minyak wangi atau aroma sehingga dapat menyebarkan aroma ke udara ketika lilin tersebut dinyalakan.

Cara Kerja Lilin Aroma : nyalakan lilin lalu adanya asap sehingga asap tersebut dapat menyebarkan aroma minyak yang terdapat pada lilin tersebut.

Kelebihan Lilin Aroma : lebih ramah lingkungan dan sangat mudah digunakan.

3. Room Spray

Diffuser jenis ini berupa semprotan yang biasanya terdiri dari campuran minyak wangi atau aroma yang diencerkan dalam air atau pelarut lainnya.

Cara Kerja Room Spray : dengan cara disemprotkan ke udara di ruangan untuk memberikan aroma yang menenangkan.

Kelebihan Room Spray : dapat menyebar dengan cepat.

Baca Juga : Tips Cara Pakai Parfum yang Benar Supaya Awet

4. Dupa

Diffuser dupa digunakan untuk menguapkan atau menyebarkan aroma dari dupa ke dalam udara di dalam ruangan. Dupa adalah campuran bahan-bahan aromatik yang biasanya digunakan dalam praktik agama atau spiritual. Biasanya terdiri dari campuran rempah-rempah, resin, bunga-bungaan, dan bahan-bahan alami lainnya yang kemudian dibakar atau dipanaskan untuk menghasilkan aroma yang harum.

Cara Kerja Dupa : letakkan dupa di dalam wadah dan dipanaskan, sehingga aroma dupa terlepas dan menyebar ke udara di sekitarnya.

Kelebihan Dupa : diffuser ini lebih praktis dan lebih tradisional.

5. Electric Diffuser

Electric diffuser adalah diffuser yang menguapkan atau menyebarkan aroma minyak esensial ke dalam udara di dalam ruangan menggunakan teknologi Listrik. Diffuser jenis ini banyak digunakan karena sangat praktis dan pasti.

Cara Kerja Electric Diffuser : minyak dan air dituangkan kedalam wadah diffuser, diffuser dipanaskan menggunakan Listrik/ultrasonic, lalu uap dari minyak dan air tersebut dapat menyebar ke seluruh ruangan.

Kelebihan Electric Diffuser : diffuser ini lebih aman dan praktis saat digunakan.

Nah setelah mengetahui banyak jenis diffuser, gunakan diffuser yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya, pastikan juga membaca tata cara penggunaan agar tidak terjadi kesalahan.

Pilih Diffuser HMNS Berkualitas!

manfaat diffuser pewangi ruangan

Selain itu penting bagi kita untuk memilih home diffuser yang berkualitas, salah satunya dari brand local HMNS atau Home of Humans. Tidak hanya itu, brand ini juga menyediakan refill-nya loh jadi tidak usah khawatir untuk pemakaian jangka panjang kamu hanya perlu membeli refill-nya jika sudah habis, jadi lebih hemat kan.

Home of Humans ini menjual berbagai reed diffuser dengan varian yang berbeda, tentunya menyediakan banyak varian yang dapat menciptakan suasana nyaman pada ruangan. Selain kemasan refill juga tahan lama sehingga kamu bisa saja sedia stok refill di rumah agar tidak kehabisan.

Menggunakan kualitas minyak essential terbaik dan lebih tahan lama. Tunggu apa lagi, ciptakan ruangan yang nyaman dengan langkah pertama membeli reed diffuser dari HMNS (Home of Humans) dengan kualitas terbaik!


20 Komentar

  1. ternyata diffuser banyak macamnya ya, aku kira selama ini cuman satu macam aja
    waktu itu aku pengen beli diffuser model yang dupa, tapi malah beli yang modelnya electric. Tapi lumayan juga efeknya ke ruanganku di rumah, wanginya bikin rileks

    BalasHapus
  2. Paling suka pas capek, rebahan, sambil pakai diffuser ruangan...rileks hati dan pikiran. Apalagi reed diffuser dari HMNS (Home of Humans) dengan kualitas terbaik begini, pas sekali!

    BalasHapus
  3. HMNS, udah jadi wishlist ku sejak lama :') nabung dulu~

    BalasHapus
  4. Oh ternyata difuser banyak jenisnya ya.. Beberapa th lalu pernah dapat kado yg elektrik,berupa lampu meja lalu ada bagian utk cairan aroma.di.bag atasnya. Sayang setelah persediaan habis jarang digunakan lagi..hehe.. Setelah tahu banyak.manfaatnya jadi mau.mulai.lagi.deh. terima kasih ya..

    BalasHapus
  5. Suka sekali kalau datang ke tempat yang wangi, kalau aku di rumah paling kalau sedang ada bau tidak sedap karena di belakang ada kali, atau bau masakan, aku nyalain lilin aromaterapi.

    BalasHapus
  6. sering cium bau2an yang menenangkan bermanfaat juga ke mental health kita. tapi molly kurang suka aroma dupa terlalu menyengat.

    BalasHapus
  7. Wah insight baru nih buat saya, ternyata diffuser ada banyak jenisnya ya, pengen cobak semua deh

    BalasHapus
  8. Saya ngerasain manfaat pakai diffuser. Ruangan jadi lebih nyaman dan membantu masalah pernafasan. Biasanya pakai yang elektrik, kayaknya perlu coba yang reed difuser dari HMNS nih. Makasih rekomennya, Kak

    BalasHapus
  9. Udah pengen beli dari lama nih. Dan baru tau kalo diffuser punya banyak jenis. Mau mikir dulu ah enaknya beli yang mana ya?

    BalasHapus
  10. Wah aku kira difuser itu cuma yang pakai alat
    Ternyata ada berbagai macam ya jenisnya
    Aku punya dirumah tapi jarang dipake hehe

    BalasHapus
  11. waaahhh ini HMNS yg produknya parfum kan ya? baru tau kalau ternyata HMNS juga ada produk untuk diffuser ruangan. Keberadaan diffuser ruangan itu bisa sangat membantu di ruangan yg tertutup dan ber-AC, guna mencegah timbulnya aroma apek atau kurang sedap di dalam ruangan

    BalasHapus
  12. Diffuser kalo ditaruh di ruangan tertutup pasti bawaannya pengen berlama2 aja di situ yaa kakk.. Kalau aromanya aku suka yg gak terlalu menyengat tapii segarr gituu, sepertinya HMNS ada bnyak variannya ya Kak?

    BalasHapus
  13. Kalau ada ini bikin aroma ruangan jadi lebih segar. Apalagi kalau pas Hari Raya, atau pas hari Jumat, kan rumah segernya makin mantul

    BalasHapus
  14. Kalau ada ini bikin aroma ruangan jadi lebih segar. Apalagi kalau pas Hari Raya, atau pas hari Jumat, kan rumah segernya makin mantul

    BalasHapus
  15. Aku penasaran banget sama diffuser ini, mau beli maju-mundur. Wah baca artikel ini berasa dapet pencerahan mau pilih yang mana. Dari pada pengharum gantung, kayaknya ini lebih awet, ya.

    BalasHapus
  16. Yang sering didapat pas datang acara nikahan itu lilin aroma, suka banget dengan wanginya.
    Yang sering ada di kantor itu yang room spray, memang bikin relaks sih diffuser ruangan ini.

    BalasHapus
  17. Rupanya diffuser banyak macamnya. Saya baru nih, karena saya baru mencoba Reed Diffuser. Ini di ruangan kantor tempat kerja saya ada nih. Wanginya memang menenangkan. Bisa meredakan stres.

    BalasHapus
  18. Pingin banget ruangan kerja ada home diffuser yang berkualitas.
    Pingin cobain rekomendasi ka Sylvi tentang produk HMNS atau Home of Humans yang wanginya tahan lama dan bisa di refill.

    BalasHapus
  19. Banyak ya tipe difuser ini, saya baru tahu yang tipe electric, enak sih menggunakan diffuser ini, seperti lebih tenang karena aromanya memang enak

    BalasHapus
  20. kebetulan adik punya difuser di kamarnya, memang bikin aroma ruangan jadi enak jadi nyaman gitu pas masuk ruangan

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama