Peran Teknologi dalam Perkembangan Anak, Apakah Bahaya?

bijak menggunakan teknologi untuk anak

Perkembangan teknologi tentunya sudah tidak asing lagi di jaman sekarang. Tujuan utama dari pengembangan teknologi ini adalah untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas hidup manusia. Dengan adanya teknologi kita dapat mempersingkat waktu dan melakukan sesuatu lebih cepat dan efisien. Namun, penggunaan teknologi juga menimbulkan tantangan tertentu, termasuk masalah privasi, keamanan, dan dampak lingkungan, yang perlu diperhatikan dan ditangani dengan bijaksana.  

Di era yang modern ini, teknologi sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat. Masyarakat menggunakan teknologi yang berkembang untuk berkomunikasi hingga transportasi pun serba teknologi. Teknologi membantu kita dalam memudahkan melakukan segala hal, mendekatkan yang jauh, dan berkat komunikasi juga kita dapat menambah pengetahuan kita.

Apa Peran Teknologi dalam Perkembangan Anak?

Selain dalam komunikasi dan transportasi, teknologi juga berguna dalam pendidikan karena di dalamnya terdapat banyak informasi dari seluruh negeri yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun apa kegunaan teknologi dalam perkembangan anak? Apakah teknologi memiliki peran penting di dalamnya?

Teknologi yang berkembang pesat di era ini sangat berpengaruh bagi perkembangan anak terutama dalam pendidikan. Teknologi dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi anak-anak, yang memungkinkan untuk belajar dengan menyenangkan tanpa merasa bosan. Beda dengan jaman dulu yang belajarnya hanya menggunakan buku atau bahkan lebih jadul lagi jarang sekali ada buku. Kalau sekarang semua serba teknologi, bahan ajar bisa beragam dan lebih menyenangkan.

Dengan adanya teknologi yang canggih seperti handphone memungkinkan anak dapat mencari referensi yang lebih luas terkait apa yang dipelajari. Majunya era ini memudahkan kita untuk memperdalam ilmu hanya dengan mengakses YouTube atau yang lainnya.

Berikut manfaat teknologi bagi anak dalam pendidikan dan perkembangannya:

1. Membantu Perkembangan Kognitif pada Anak

Tentunya pemikiran yang ada dalam diri seseorang dipengaruhi oleh pengetahuannya, jika anak dapat menggunakan teknologi secara benar dan luas, maka ia akan memiliki pemikiran yang baik.

2. Membantu Perkembangan Sensorik

Dengan melihat video ataupun gambar yang ada pada teknologi yang digunakan dapat membantu perkembangan sensorik anak untuk menganalisis tentang apa yang terjadi dari apa yang dilihatnya. 

3. Sebagai Sarana Belajar yang Menyenangkan

Teknologi digunakan untuk mencari pengetahuan yang tidak kita temukan di buku, dalam hal ini memudahkan anak untuk mencari tahu tentang banyak hal yang terjadi di dunia. Seperti halnya belajar bahasa asing melalui YouTube, di jaman sekarang sudah banyak tayangan-tayangan untuk anak yang dapat menghibur dan sekaligus meng-edukasi. Dengan cara ini pengetahuan anak akan lebih luas dan ia akan memiliki pemikiran yang lebih luas juga.

4. Sebagai Alat Komunikasi saat Belajar

Tentunya komunikasi antar teman adalah hal yang penting dalam suatu perkembangan anak. Dengan adanya teknologi, anak dapat berkomunikasi atau mengerjakan tugas kelompok hanya dengan menggunakan handphone/laptop. 

5. Meningkatkan Kreativitas Anak

Dengan banyaknya gambar atau video yang ada. Memungkinkan dapat meningkatkan kreativias anak untuk dapat membuat video ataupun menggambar menggunakan teknologi yang ada.

6. Meningkatkan Pengetahuan Digital

Teknologi yang masuk dalam kehidupan kita dapat meningkatkan pengetahuan mengenai teknologi digital itu sendiri, tentang bagaimana cara pengaplikasiannya ataupun penanganan jika ada masalah dalam teknologi yang kita pakai.

Bijak Menggunakan Teknologi untuk Anak

Dampak positif yang diberikan dalam penggunaan teknologi memanglah banyak. Namun pentingnya pengawasan penggunaan teknologi harus tetap dilakukan karena selain banyak memunculkan dampak positif, teknologi ini bisa juga menimbulkan dampak negatif bagi anak seperti kecanduan bermain hp.

Nah, itulah sebabnya orang tua juga perlu belajar parenting supaya bisa memanfaatkan teknologi dengan baik untuk perkembangan anak. Seperti tulisan Mama Rani tentang penggunaan gadget untuk media belajar mewarnai untuk anak-anak dan balita. Wah pasti seru sekali dan anak-anak happy, yang penting perlu diperhatikan penggunaan gadget tidak boleh berlebihan.

Jadi, sebagai orang tua kita juga wajib mengetahui bagaimana penggunaan teknologi yang tepat untuk pendidikan dan pembelajaran agar tidak tertinggal. Orang tua perlu mencari informasi untuk mengetahui apa yang dapat diakses oleh anak maupun yang tidak. Yuk gunakan teknologi secara pintar dan teratur!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama