Penting! Ini 7 Cara Mengatasi Bosan pada Pasangan

tips pasangan langgeng

Munculnya rasa bosan dalam hubungan merupakan hal yang wajar. Namun, hubungan yang membosankan dapat mempengaruhi kualitas hubungan serta memicu terjadinya perselisihan.

Misalnya lebih sering menghabiskan waktu dengan teman di luar rumah, tidak semangat bertemu dengan pasangan, menghindari konflik, serta mudah marah pada hal sepele yang dilakukan pasangan, maka ini bisa menjadi tanda bahwa kamu merasa bosan dengan hubungan yang tengah dijalani.

Tips Mengatasi Bosan pada Pasangan, Sebelum Terlambat!

Lantas, bagaimana cara mengatasi bosan pada pasangan? Mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Cari Tahu Penyebab Bosan

Cara mengatasi bosan pada pasangan yang pertama adalah dengan mengidentifikasi apa yang salah dengan hubungan kamu dan pasangan. Cari tahu apa penyebab kamu dan pasangan mengalami rasa bosan. Apakah lantaran terlalu sering menghabiskan waktu bersama atau sebaliknya justru tidak pernah punya waktu bersama yang berkualitas.

Dengan menemukan faktor penyebabnya, maka kamu dapat mengatasi rasa bosan dengan cepat dan tepat. Hubungan dengan pasangan pun kembali harmonis dan bahagia selalu, jika sudah menemukan akar masalahnya dan menyelesaikannya berdua.

2. Mulai Komunikasi dengan Pasangan

Setelah mengetahui penyebabnya, yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengomunikasikan rasa bosan dengan pasangan. Beri tahu sejujurnya pada pasangan mengenai apa yang kamu rasakan. Agar tidak menimbulkan kesan menyudutkan atau melimpahkan kesalahan, ungkapkan dengan bahasa yang tepat.

Ingatlah, apa yang kamu atau pasangan rasakan merupakan hal wajar. Ini masalah dalam hubungan yang perlu dihadapi berdua. Sebab, hubungan yang sehat dan bahagia memerlukan usaha dari kedua belah pihak.

3. Cari Solusi Bersama

Setelah komunikasi dengan pasangan, cobalah mencari jalan keluar bersama. Diskusikan mengenai berbagai pilihan yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan. Carilah solusi yang bisa menyenangkan kedua belah pihak.

Meskipun pasangan tidak merasakan hal yang sama, tetapi pasangan bisa jadi bagian dari support system agar kamu bisa melewati fase bosan dengan baik. Di sisi lain, kalian juga bisa lebih saling mengenal dan memahami satu sama lain.

4. Ubah Rutinitas dalam Hubungan

Mulailah merefleksikan hubungan kamu dan pasangan selama ini. Rutinitas apa saja yang biasanya dilakukan bersama pasangan dalam hubungan. Cobalah mengubah rutinitas tersebut agar menciptakan suasana baru.

Apabila kamu dan pasangan sering melakukan aktivitas bersama, bisa jadi ini pertanda kamu membutuhkan waktu untuk diri sendiri. Sebaliknya, apabila jarang menghabiskan waktu bersama pasangan, coba mulai buat agenda kencan atau liburan. Pilihan lainnya, kamu dan pasangan bisa mencoba hal-hal baru bersama. Misalnya, dengan mengubah tempat kencan yang biasa didatangi atau mencoba makanan baru atau bisa mencoba hobi baru juga.

5. Ubah Caramu Berpikir tentang Pasangan

Selain berusaha memperbaiki dinamika hubungan bersama pasangan, kamu juga memiliki tugas lain, yaitu mengubah cara pandangmu terhadap pasangan dan hubungan. Dengan mengubah cara pandang, maka bisa melihat sisi lain dari hubungan atau pasangan yang mungkin tidak disadari. Setelah itu, kamu pun bisa mengatasi rasa bosan secara perlahan.

6. Ajak Pasangan Bernostalgia

Kembali ke momen masa lalu dengan pasangan bisa menjadi salah satu cara agar hubungan tidak membosankan. Kamu bisa menghubungi tempat pertama kali berjumpa, menonton film bersama, atau makan makanan kesukaan. Selain itu, nostalgia ke masa lalu juga bisa meningkatkan keintiman dari pasangan. Biasanya setelah ini akan tumbuh kembali rasa cinta dan alasan saling mencintai, pada akhirnya rasa bosan pun akan luluh.

7. Minta Bantuan Tenaga Profesional

Cara lainnya yang bisa dilakukan agar hubungan tidak membosankan adalah dengan melakukan konseling kepada tenaga professional. Dalam hal ini, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan psikolog guna membantu mengatasi masalah hubungan yang dialami, terutama jika masalah utamanya adalah kurang komunikasi. Hal ini bisa dilakukan jika masalah sudah bertambah runyam dan sulit diatasi hanya dengan berdua saja. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama