Berikut 5 Tips Bertani Sukses Sepanjang Masa

tips bertani

Profesi mayoritas penduduk desa di Indonesia adalah bertani, hal ini sesuai dengan karakteristik utama desa yang masih memiliki lahan pertanian luas. Jenis pertanian di desa cukup banyak, seperti: bertani padi, bertani jagung, bertani kacang-kacangan, dan bertani umbi-umbian. Untuk daerah pegunungan yang kaya akan air, bertani padi menjadi komoditas utamanya.

Sukses Bertani dengan 6 Tips Berikut Ini

Berbicara soal bertani, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang 6 tips bertani sukses sebagai berikut:

1. Menyiapkan Lahan Pertanian

Tanah merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Adapun lahan yang dibutuhkan untuk bertani bisa disesuaikan dengan tanah yang dimiliki.

Pastikan bahwa tanah yang Anda gunakan memiliki kualitas terbaik dengan cara menambahkan pupuk dan melakukan rotasi tanam.

Sebagai contoh, jika Anda mau menanam cabai Anda bisa membuat bedengan. Anda memiliki 4 hektar. 1 hektar berapa meter? Jawabannya adalah 40.000 meter, karena 1 hektar itu 10.000 meter, tinggal dikalikan 4.

Bedengan untuk menanam cabai dibuat dengan lebar 100 cm dan panjang menyesuaikan kondisi lahan. Sementara itu, tinggi bedengan sekitar 20 cm dan jarak antara bedengannya kurang lebih 100 cm.

2. Jangan Gengsi

Yang paling utama untuk menjadi seorang petani yang sukses adalah harus memiliki perasaan yang bangga terhadap pekerjaan menjadi petani. Tanpa adanya petani, orang tidak akan bisa mendapatkan beras dan bahan makanan.

Maka dari itu, Anda tidak perlu merasa gengsi dengan pekerjaan yang kita pilih ini. Terlebih lagi, predikat Indonesia sebagai negara agraris harus dibangkitkan kembali. Sebagai generasi muda, tak ada salahnya memilih pekerjaan menjadi petani.

Apalagi bila Anda mungkin seorang sarjana pertanian, hal ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengamalkan ilmu yang Anda peroleh selama ini. Anda harus bangga karena dengan menjadi petani, Anda meneruskan generasi yang menopang kebutuhan pangan bangsa ini. Dan Anda juga harus bangga karena ilmu yang dipelajari berguna untuk kehidupan orang lain.

3. Memperluas Jaringan Pasar

Memperluas jaringan pasar bisa dilakukan dengan menentukan tujuan pelanggan yang sesuai produk-produk hasil tani Anda. Kemudian jangkau seluruh target pelanggan tersebut. Buat mereka menjadi pelanggan tetap dengan melakukan follow up dan meningkatkan pelayanan terbaik sehingga kepuasan mereka terjamin.

Tidak berhenti di sana, Anda juga bisa bekerja sama dengan berbagai petani untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran. Anda bisa bersama-sama saling membantu untuk mencapai puncak agar tujuan dapat tercapai.

Bisa juga melakukan kontrak dengan berbagai restoran lokal agar Anda memiliki pendapatan tetap sehingga seluruh hasil tani dapat terjual maksimal.

4. Partner yang tepat

Apapun aktivitas yang Anda lakukan, pastinya akan membutuhkan bantuan orang lain, termasuk dalam pertanian. Peran orang lain untuk meraih kesuksesan pertanian dapat disebut sebagai sistem pendukung.

Dari orang lain, Anda bisa memperoleh informasi tentang pertanian, solusi saat sedang berada dalam masalah, bahkan mereka bisa menjadi tim yang dapat membantu dalam memasarkan hasil pertanian.

5. Bersikap fleksibel

Meskipun sudah merasa mantap dengan rencana yang telah disusun, jangan pernah ragu untuk mengubah rencana tersebut jika ternyata tidak berjalan baik. Ingatlah bahwa setiap usaha pasti memiliki titik gagal.

Petani Harus Pandai Berinovasi dan Memanfaatkan Teknologi

Jangan hanya berpedoman pada cara bertani yang konvensional saja, saat ini petani harus pandai berinovasi dalam bentuk pembibitan maupun teknologi dalam berproduksi. Inovasi banyak yang telah diciptakan oleh beberapa petani kreatif atau bahkan juga sering diciptakan oleh peneliti maupun mahasiswa di seluruh penjuru tanah air.

Adanya inovasi di bidang pertanian memiliki efek yang dapat meningkatkan hasil produksi dan membuat seluruh aktivitas pertanian di Indonesia lebih efektif dan efisien. Ketika kegiatan produksi pertanian ini dilakukan dengan efektif dan efisien, biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit namun didapatkan hasil yang memuaskan atau optimal.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama